Sabtu, 01 Januari 2011

TIPS CERDAS HIDUP SEHAT PEKERJA KANTORAN

Sebelumnya rate ya gan kalo bagus dan map kalo berbau repsol,ane punya tips sedarhana tapi maenghasilkan sesuatu yang berguna langsung aja baca tipsnya

Dewasa ini, tuntutan terhadap dedikasi pekerjaan dan karir semakin tinggi. Maka tidak heran bila fenomena bekerja lembur menjadi suatu hal yang dianggap wajar, tingkat stress yang semakin tinggi pada karyawan-karyawan muda, atau semakin minimnya waktu untuk keluarga dan masyarakat sosial menjadi fenomena yang lumrah saat ini. Keadaan ini kadang melenakan perhatian Anda terhadap kondisi kesehatan Anda. Maka apabila hal ini terlupakan, berbagai penyakit kesehatan seperti kelebihan kolesterol, gangguan jantung, gangguan gula darah dan sebagainya akan menghinggapi para pekerja-pekerja kantoran pada usia-usia produktifnya. Berikut ini tips cerdas pola hidup sehat dalam rangka menyiasati tingginya tuntutan pekerjaan bagi pekerja kantoran:

1. Makanan. Kesibukan Anda di kantor, mau tidak mau akan menyita tenaga dan pikiran Anda. Pilihan terhadap makanan yang sehat biasanya akan menjadi urutan kesekian, setelah kelezatan dan kekenyangan. Pada jamuan makan siang, Anda dihadapkan pada makanan-makanan fast food (fried chicken), seafood dan jenis makanan bersantan (masakan padang) yang cenderung kurang baik bagi tubuh Anda, apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan waktu yang lama. Ada baiknya Anda melakukan kombinasi pengaturan menu makanan dalam satu minggu. Makanan berserat (sayur-sayuran), buah-buahan dan air putih baik untuk menormalkan metabolisme tubuh Anda.

2. Aktifitas. Seimbangkan antara aktifitas duduk di belakang meja dan aktifitas kerja yang lain. Usahakan untuk menyediakan waktu berjalan di antara kesibukan Anda duduk di belakang meja tersebut, entah hanya untuk ke toilet, mushola, atau berkunjung ke divisi/unit kerja lain (sebagai pengganti pembicaraan melalui telepon PABX). Pekerja kantor yang cenderung duduk dalam waktu seharian di belakang meja kerja, dimungkinkan akan sering terkena gangguan pegal pada pinggang dan punggung.

3. Tidur. Tidur yang baik tidak ditentukan oleh kuantitasnya (waktu) namun oleh kualitasnya. Oleh karenanya Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat setelah makan siang (15-30 menit) untuk sekedar mengistirahatkan pikiran dan fisik Anda, misalnya di mushola kantor.

4. Olahraga. Tidak terbantahkan jika olah raga mampu menjaga kesehatan Anda. Niat ada, tapi kapan Anda memiliki waktu untuk kegiatan tersebut? Apabila weekend tidak bisa Anda manfaatkan untuk berolah raga, Anda bisa ‘mencuri-curi’ waktu pada saat berangkat kantor, Anda bisa menggunakan sepeda ke tempat kerja Anda (bike to work).

5. Pengelolaan Stress. Kepenatan atmosfer kerja kadang membuat suasana hati tidak nyaman, bahkan terkadang hal tersebut sampai terbawa sampai ke ruang keluarga di rumah. Sehingga apabila pola ini Anda biarkan berlarut-larut, akan semakin menjadikan Anda semakin terbenam dalam stress yang berkepanjangan, yang pada muaranya akan mengganggu kesehatan Anda. Untuk itu, pengelolaan stress adalah kuncinya. Pengelolaan stress dalam suasana kerja dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Apabila Anda seorang muslim/muslimah, Waktu ibadah bisa Anda gunakan sebagai sarana menenangkan diri, berkonteplasi sesaat. Mengendapkan ketegangan dan permasalahan kantor untuk sejenak akan meningkatkan daya tahan stress Anda. Apabila hal ini dirasa masih belum cukup, Anda bisa mengambil Cuti untuk sekedar me-recharge jiwa Anda dari tekanan-tekanan pekerjaan yang berat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar