Sabtu, 01 Januari 2011

PENANGGULANGAN TERHADAP VIRUS

Penanganan Kerusakan Akibat Virus

Penanganan Kerusakan Akibat Virus


 [ilustrasi] Kerusakan ponsel sendiri terdiri atas beberapa tingkatan. Istilah yang paling banyak digunakan di kalangan service center adalah kerusakan Level 1, Level 2 dan Level 3.

Masing-masing level tergantung dari berat atau tidaknya kerusakan.

Untuk level 1, gangguan yang ditimbulkan cenderung ringan dan dapat diatasi oleh pengguna. Salah satunya yakni penanganan kerusakan akibat virus.
Kebanyakan, ponsel-ponsel yang terkena virus menggunakan sistem operasi Symbian 1st edition dan 2nd edition.

Cara penanganannya misalkan:

1. Pasang Antivirus
Beberapa virus yang tak mengganggu proses start up bisa diantisipasi dengan antivirus. Beberapa antivirus populer antara lain:
- Netqin, antivirus buatan Cina ini tersedia untuk ponsel-ponsel Symbian. Bisa diunduh di www.netqin.com.
- Kaspersky, selain membuat antivirus PC, Kaspersky juga punya produk khusus untuk produk mobile. Informasi lebih lanjut di http://www.kaspersky.com/mobile_downloads.
- F-secure, sama halnya dengan Kaspersky, F-secure lebih dulu dikenal di produk PC. Anda bisa mendownloadnya di http://mobile.f-secure.com.


2. Hard Reset / Format
Hard reset atau format memori ini dilakukan sebagai jurus terakhir apabila ponsel Anda tak lagi bisa melakukan start up atau proses masuk ke menu utama. Jika sudah begini, Anda bisa melakukan hard reset dengan menekan tombol rahasia, yakni matikan ponsel lalu tekan tombol Call , Angka 3 dan tombol Bintang secara bersamaan, kemudian hidupkan ponsel. Cara ini hanya dapat dilakukan untuk ponsel-ponsel Symbian 2nd edition.




Sebelum melakukan hard reset, pindahkan dulu file-file di memori ponsel ke tempat yang aman semisal kartu memori. Cara lain untuk melakukan hard reset pada ponsel Nokia adalah dengan menekan tombol *#7370#. Dan memasukkan kode standar 12345

Rata-rata kerusakan ponsel Symbian terletak pada sistem atau softwarenya. Cara hard reset ini dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan software dengan bantuan repair box.

Hard reset dikenal juga dengan istilah Master reset dan tiap merk maupun dan tipe ponsel pasti berbeda. Berikut cara melakukan master reset untuk Nokia S40 dan komunikator.

Nokia S40
- Ketik tombol *#7780# ,
- Masukkan kode standar 12345
- Tekan yes dan ponsel akan restart.
Cara ini ini cukup efektif untuk mengatasi restart pada Nokia S40.

Nokia Communicator ( 9210 ,9300 dan 9500)
- Matikan ponsel
- Lepaskan baterai dan memory eksternal lalu tunggu sekitar 20 detik lalu masukkan baterai kembali
- Buka ponsel untuk melihat layar dalam, setelah layar dalam hidup segera tekan tombol CTRL + SHIFT + F secara bersamaan. Lakukan sebelum tampil logo bergambar tangan pada layar dalam. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar